Hakikat Media Selembar
1. Pengertian Media Selembar
Media selembar atau lebih sering dikenal sebagai newsletter termasuk dalam media massa. Newsletter atau majalah perusahaan/bulletin merupakan sarana bagi perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi dari manajemen organisasi atau perushaan kepada anggota organisasi atau kepada konsumen.
Rumanti (2004:119) menyebutkan bahwa newsletter, adalah sebuah tipe in house jurnal yang berisikan inti sari berita berita (berita yang singkat) ukurannya bisa sama dengan majalah pada umumnya hanya jumlah halamannya yang lebih sedikit. Sedangkan menurut Ruslan (2010:196) menyebutkan bahwa demi newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat, ditujukan kepada pembaca yang sibuk atau tidak memilik waktu yang banyak untuk membaca berita terlalu panjang dan terperinci.
Menurut Kriyanto (2008:162) newsletter merupakan in house journal yakni terbitan berkala yang diperuntukan untuk kalangan sendiri, berdasarkan teori diatas maka Penulis memahami bahwa newsletter adalah media internal perusahaan yang berisikan tentang informasi dan aktifitas yang dilakukan karyawan atau perusahaan dan jumlah halamannya lebih sedikit di bandingkan dengan majalah.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa media selembar (newsletter) adalah sebuah media cetak yang berisi tentang berita-berita singkat dengan jumlah halamannya lebih sedikit atau selembar.
2. Fungsi Media Selembar
Newsletter memiliki beberapa fungsi. Menurut Kriyantono (2008:163), sebagai berikut:
1. Newsletter dapat memberikan dorongan untuk memperkuat komitmen dan memberikan yang terbaik bagi pembaca.
2. Sebagai media publikasi melalui informasi tentang kegiatan tertentu.
3. Newsletter dapat menjadi jembatan atau wahana penjalin hubungan dengan public internal dan eksternal.
3. Jenis-jenis Media Newletter
Ada beberapa jenis dari newsletter yang membedakan antara satu dengan yang lain. Beberapa jenis newsletter antara lain :
1. Staff Newsletter. Sarana yang efektif untuk membina hubungan dan berbagai informasi antara anggota organisasi yang mempunyai anak cabang yang berbeda maupun kegiatan di luar daerah maupun negeri.
Fungsi staff newsletter:
Fungsi staff newsletter:
· Providing Information (menyediakan informasi)
· Reinforcing training
· Recognizing performance
Di dalam jenis newsletter ini, berisi tentang:
· Kebijakan atau prosedur baru
· Pengembangan maupun inovasi produk atau jasa
· Pengumuman ulang tahun, pernikahan dan kelahiran
· Promosi
· Berita-beritaolah raga dansosial
· Kontribusidarikaryawan
2. Customers Newsletter
Customers newsletter merupakan sarana untuk menjaga hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan pengguna produk atau jasa perusahaan.
Di dalam Customers Newsletter terdapat :
Customers newsletter merupakan sarana untuk menjaga hubungan antara organisasi atau perusahaan dengan pengguna produk atau jasa perusahaan.
Di dalam Customers Newsletter terdapat :
· Informasi produk/ jasa baru
· Program-program penjualan khusus
· Informasi harga produk/ jasa, kegiatan-kegiatan perusahaan yang terkait dengan konsumen
· Bakti sosial
· Pengumuman-pengumuman perusahaan
· Promosi
4. Ciri-ciri Newsletter
Agar menghasilkan sebuah media selembar atau newsletter yang menarik dan berbeda dari media cetak yang lain, perlu diperhatikan ciri-ciri dari newsletter. Ciri-cirinya antara lain:
1. Berisi informasi atau berita yang sesuai dengan minat pembacanya (anggota perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya).
Seperti yang kita tahu, newsletter berfungsi untuk menawarkan jasa atau barang dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pihak perusahaan harus mengerti seberapa besar minat pembeli terhadap barang/jasa yang dimiliki perusahaan tersebut sehingga informasi-informasi yang ditampilkan dalam newsletter sesuai dengan minat pembacanya.
2. Mengedepankan human interest.
Di dalam newsletter berisi berbagai informasi ataupun kegiatan perusahaan atau organisasi. Informasi yang disajikan didalam newsletter bisa berupa kegiatan diluar perusahaan, prestasi karyawan, dan informasi-informasi penting terkait perusahaan semua tercantum secara ringkas di dalam newsletter ini.
3. Berisi informasi mengenai kegiatan perusahaan/organisasi/lembaga/komunitas lainnya.
Dalam menyajikan informasi kepada konsumen, newsletter ini ditulis secara rinci dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pembacanya. Di dalam newsletter berisi berbagai informasi atau kegiatan suatu organisasi. Informasi yang disajikan dalam newsletter bisa berupa kegiatan di luar perusahaan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya yang tercantum secara ringkas dalam newsletter ini. Dalam menyampaikan informasi kepada pembaca, newsletter ditulis secara rinci dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembacanya.
4. Profil pegawai.
Profil pegawai berfungsi untuk menambah keyakinan pembaca untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan. Profil pegawai ini dipercaya sebagai bentuk testimoni yang membuat pembeli menjadi ingin membeli barang/jasa perusahaan tersebut.
5. Berupa lembaran, 1 lembar atau 2 lembar.
Tidak seperti majalah ataupun media cetak lainnya, newsletter ini memiliki sedikit halaman hanya sekitar 1 sampai 2 halaman.
6. Desainnya menarik.
Desain yang disajikan didalam newsletter dibuat dengan semenarik mungkin agar menarik peminat pembacanya. Biasanya sebagian orang yang ingin membaca sesuatu pasti dilihat dari desainnya terlebih dahulu baru isi.
7. Banyak foto kegiatan perusahaan/organisasai/ lembaga/ komunitas lainnya.
Tak hanya berita yang disajikan didalam newsletter, perlu juga diberi berbagai foto kegiatan agar newsletter yang dibuat tidak terlalu monoton atau membosankan. Dan pembaca juga bisa mengetahui suasana dari kegiatan tersebut melalui foto-foto yang disediakan.
8. Desainnya menarik dan penuh warna.
Desain yang disajikan dalam newsletter dibuat dengan semenarik mungkin agar menarik minat pembacanya. Biasanya sebagian orang yang ingin membaca suatu pasti dilihat dari desainnya terlebih dahulu baru isi.
9. Penerbitannya berkala.
Newsletter berbeda dengan berita. Berita mampu memperbaharui isi atau kontennya setiap hari. Namun, berbeda dengan newsletter. Isi atau konten dari newsletter bisa jadi sama karena fungsinya. Oleh karena itu, newsletter diterbitkan secara berkala untuk mempersempit kebosanan pembaca
0 komentar:
Posting Komentar