Menyejukkan dan Menginspirasi

Sabtu, 16 November 2019

PENGERTIAN IKLAN

Pengertian Iklan


     Istilah iklan memiliki perbedaan di setiap negara. Di Amerika dan Inggris, disebut dengan advertising. Perancis menyebutnya dengan reclamare yang berarti meneriakkan sesuatu secara berulang-ulang. Belanda menyebutnya sebagai advertentie. Serta bangsa-bangsa latin yang menyebutnya dengan istilah advertere yang berarti berlari menuju ke depan. Dunn dan Barban (1978) yang menuliskan bahwa iklan merupakan bentuk kegiatan komunikasi non personal yang disampaikan lewat media dengan membayar ruang yang dipakainya untuk menyampaikan pesan yang bersifat membujuk kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga non-komersial, maupun pribadi yang berkepentingan.
        Seorang ahli pemasaran, Kotler (1991 : 237) mengartikan iklan sebagai sebuah bentuk penyajian non personal, promosi ide-ide, dan promosi barang. Di Indonesia, masyarakat periklanan Indonesia mengartikan iklan sebagai segala bentuk pesan tentang suatu produk atau jasa yang disampaikan lewat suatu media dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Sementara, istilah periklanan diartikan sebagai keseluruhan proses yang meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan ( Riyanto, 2001).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

LIPUTAN BERITA REKRUTMEN

Arsip Blog

LIPUTAN BERITA PERSIAPAN TURNAMEN

Support