Media massa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan
pesan dari sumber (komunikator) kepada khalayak dengan menggunakan alat-alat
komunikasi mekanis, seperti surat kabar, radio, televisi, dan film dan
internet. McQuaill dalam bukunya Mass Communication Theories (1989), menyatakan
ada enam perspektif tentang peran media massa dalam konteks masyarakat modern,
yaitu sebagai berikut.
1. Media sebagai sarana belajar untuk mengetahui berbagai
informasi yang tersedia.
2. Media massa adalah refleksi fakta, terlepas dari rasa
suka dan tidak suka.
3. Media massa sebagai filter untuk menyeleksi berbagai
informasi.
4. Media massa sebagai penunjuk arah dan alternatif yang
beragam.
5. Media massa sebagai sarana untuk mensosialisasikan
berbagai informasi dan ide untuk memberi tanggapan/umpan balik.
6. Media massa sebagai interkulator, tidak sekedar tempat
“lalu lalang” informasi tetapi menjadi media interaktif.
Jurnalistik memiliki empat fungsi
yang melekat pada setiap medium jurnalistik, yaitu sebagai berikut.
1. To infrom (untuk menginformasikan)
Jurnalistik sebagai sarana untuk memberikan informasi
kepada khalayak, infromasi berupa fakta dan peristiwa yang terjadi disekitar
kita.
2. To interpret (untuk mengintepretasikan)
Jurnalistik sebagai sarana untuk memberikan tafsiran dan
intepretasi terhadap fakta dan peristiwa yang terjadi, sehinga khalayak dapat
memahami dampak dan kosekuensi dari berita yang disajikan.
3. To guide (untuk mengarahkan)
Jurnalistik merupakan acuan untuk mengarahkan dan memberi
petunjuk dalan menyikapi fakta dan peristiwa yang terjadi. Sehingga mampu
menjadikan pedoman untuk memberi komentar, pendapat, opini, atau dalam
mengambil keputusan.
4. To entertain (untuk menghibur)
Jurnalistik merupakan sarana untuk menghibur, menyegarkan,
dan menyenangkan khalayak untuk menyajikan informasi yang ringan dan rileks
sesuai dengan kebutuhan.
Sementara Onong
Uchjana Effendy (1999) fungsi yang melekat pada jurnalistik sebagai berikut.
1. Fungsi menyiarkan informasi (to inform)
Pembaca beranganan koran, karena
memerlukan informasi mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi, gagasan
atau pikiran orang lain, apa yang dikatakan orang lain.
2. Fungsi mendidik (to education)
Media cetak yang memuat
tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan, dan media elektronik yang
menayangkan program acara mendidik yang mengandung unsur pendidikan.
3. Fungsi menghibur (to intern)\
Hal-hal yang bersifiat hiburan
mengimbangi surat kabar dan majalah untuk mengimbangi berita-berita berat dan
artikel yang berbobot.
4. Fungsi memengaruhi (to influence)
Jurnalistik merupakan sarana untuk
memengaruhi pendapat dan pikiran orang lain tentang fakta dan peristiwa.
Karakteristik media massa (Cangara, 2010: 126-127), antara
lain:
1.Bersifat melembaga, artinya pihak yang
mengelola media terdiri dari banyak orang, yakni
mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai pada penyajian informasi.
2.Bersifat
satu arah, artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya
dialog antara pengirim dan penerima. Kalaupun terjadi reaksi atau umpan balik, biasanya memerlukan waktu
tertunda.
3.Meluas dan
serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, karena ia memiliki
kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, informasi yang dapat disampaikan
dan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama.
4.Bersifat
terbuka, artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja dan di mana saja tanpa
mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.
Fungsi lain dari media massa adalah
1. Untuk
mediasi (to mediate)
Jurnalistik sebagai alat mediasi
atau penghubung dalam mempertemukan ketidakpahaman antara fakta dan peristiwa
yang terjadi.
2. Untuk mempromosikan (to promote)
Sebagai promosi keungulan dan
kelibihan dari produk karya agar dapat dipahami oleh publik.
3. Manipulasi lingkungan
Untuk memengaruhi khalayak. Fungsi
manipulasi yang melekat pada iklan di media massa.
4. Proses pengembangan mental
Manusia yang menikmati aktivitas
jurnalistik. Baik berupa berita maupun opini menambahkan pengentahuan dan
intelektual.
5. Adaptasi lingkungan
Produk jurnalistik dapat membantu
manusia dalam proses penyesuaian melalui penyampaian informasi dari media cetak
dan elektronik.
0 komentar:
Posting Komentar