Menyejukkan dan Menginspirasi

Senin, 18 November 2019

JENIS-JENIS IKLAN SECARA KHUSUS

Jenis-jenis iklan secara khusus


1) Berdasarkan Media yang Digunakan
a) Iklan cetak
    Iklan cetak yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, baik cetak dengan teknologi sederhana maupun teknologi tinggi. Berbagai teknik cetak yang ada, misalnya dengan prinsip leterpress, photo lithography, photo gravure, sablon, inkjet, dan laser. Media yang digunakan dalam teknik cetak tersebut sangat beragam mulai dari kertas, pelat metal, kulit, plastik, kaca, dan kain. Beberapa bentuk iklan cetak yaitu : iklan cetak surat kabar, iklan cetak majalah, tabloid, iklan cetak baliho, iklan cetak poster, iklan leaflet, iklan spanduk, flyers, dan berbagai cetak lainnya. Berdasarkan luas kolom yang dipakai, khusus untuk media cetak, surat kabar, majalah maupun tabloid, iklan-iklan dalam media ini dikenali dalam tiga bentuk iklan. Ketiga bentuk iklan tersebut disusun berdasarkan “space” (luas millimeter kolom) yang digunakan, yaitu:

a) Iklan Baris


     Iklan ini disebut dengan ikan baris karena pesan yang dibuat  hanya terdiri dari beberapa baris kata atau kalimat saja dan  biayanya yang dikenakan dihitung per baris. Barang yang  diiklankan dalam iklan baris sangat beragam,  seperti: menawarkan barang motor, mobil, rumah, komputer.  Selain menawarkan barang, dalam iklan baris juga terdapat iklan  jasa yang menawarkan tentang kursus, bimbingan tes, les privat
dan sebagainya.
b) Iklan Kolom
    Iklan kolom merupakan iklan yang memiliki space terbatas, namun dikenakan biaya pemasangan lebih mahal dibanding iklan baris. Iklan kolom memiliki lebar satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris. Biasanya, tinggi iklan disesuaikan dengan kehendak pengiklan. Umumnya iklan ini digunakan oleh para pengiklan yang hendak menyampaikan cukup banyak pesan sehingga membutuhkan space yang lebih luas.
b. Iklan Elektronik
    Iklan elektronik digunakan sebagai tempat dipasangnya pesan iklan adalah karena menggunakan media yang berbasis perangkat elektronik. Secara lebih spesifik, iklan elektronik dapat dibagi dalam 4 jenis, yaitu iklan radio; iklan televise; iklan film; serta iklan yang dipasang dalam media jaringan/internet. 
c. Iklan Radio
   Iklan radio memiliki karakteristik yang khas, yaitu hanya dapat didengarkan melalui audio saja. Suara dalam iklan radio yang dimaksud dapat merupakan salah satu atau perpaduan dari kata-kata, musik dan sound effect. Kata-kata dalah ucapan yang mengandung arti yang disampaikan oleh manusia. Voice adalah suara manusia yang teratur, semacam kata-kata bertutur monolog maupun percakapan atau dialog.

2)  Iklan Berdasarkan Tujuan
a) Iklan Komersial
        Sering disebut dengan iklan bisnis. Sebagaimana namanya, iklan komersial atau iklan bisnis bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi, utamanya peningkatan penjualan. Iklan komersial dapat dibagi dalam tiga jenis iklan, yaitu iklan untuk konsumen, untuk bisnis dan iklan untuk profesional. Perbedaannya yang esensial antara ketiganya adalah pada khalayak sasaran yang dituju. Namun, semua iklan tersebut tetap dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan komersial.
     Iklan konsumen dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana pesan iklan ditujukan kepada akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk. Contohnya adalah ibu rumah tangga pengguna akhir sabun cuci, minyak goreng, mentega, sabun mandi, pasta gigi, shampo, produk kecantikan, pakaian, dan lain sebagainya. Iklan yang kedua adalah iklan bisnis yang disampaikan dengan maksud mendapatkan keuntungan ekonomi dimana sasaran pesan yang dituju adalah untuk seseorang atau lembaga yang akan mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir. Contoh misalnya pabrik yang akan mengolah kembali produk yang dibelinya untuk dibentuk menjadi produk baru lainnya guna dijual kepada pasar. Iklan yang ketiga adalah iklan profesional yang betujuan  untuk mendapatkan keuntungan bisnis dimana khalayak sasaran iklan adalah segmen khusus yaitu para profesional, contoh : kaum profesional adalah kelompok orang yang memiliki pekerjaan spesifik, ia dibayar karena keterampilan dan keahlian tersebut ( misalnya dokter,guru, pilot).
Contoh iklan iklan :
1) Iklan Konsumen






2) Iklan Bisnis





3) Iklan profesional









b) Iklan Layanan Masyarakat

  Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak. Tujuan akhir iklan ini adalah untuk mendapatkan keuntungan sosial (muncul penambahan pengetahuan, kesadaran sikap, dan perubahan perilaku masyakarat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat). Umumnya, materi yang ingin disampaikan dalam iklan jenis ini berupa informasi-informasi publik untuk menggugah khalayak melakukan sesuatu kebaikan yang normatif sifatnya. Misalnya anjuran agar tertib berlalu lintas, memiliki budaya antri, anti kekerasan, dan sebagainya.
Bertambahnya pengetahuan masyarakat dan munculnya kesadaran sikap perilaku sebagaimana inti pesan juga dapat menguntungkan periklanan itu sendiri dan mendapat citra baik itu di tengah masyarakat, misalnya keuntungan itu adalah program kerja institusi tersebut dapat lebih terbantu, visi dan misi lembaga dapat lebih mudah diwujudkan, dan sebagainya. Keuntungan tersebut diperoleh karena masyarakat memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang mendukung terhadap program kerja, visi, dan misi lembaga. Misalnya adalah kampanye hemat energi yang dilakukan oleh perusahaan listrik negara (PLN).
3. Berdasarkan Bidang Isi Pesan
    Iklan dapat pula dikelompok berdasarkan bidang isi pesan yang dikandungnya. Jadi, yang menjadi dasar bagi kategori ini adalah isi pesan iklan. Menurut kategori ini, akan ada banyak sekali jenis iklan. Seberapa banyak sub kategori yang muncul adalah sebanyak isi iklan tersebut. Adapun beberapa jenis iklan yang dilihat dari isi pesan yang dikandungnya sebagai berikut:
a) Iklan Politik
   Iklan politik adalah iklan yang berisi tentang hal yang bersangkut dengan kehidupan politik, misalnya tentang partai politik, demokrasi, pemilihan pejabat pemerintahan, pemilihan anggota legislatif, pemilihan anggota dewan pertimbangan daerah (DPD), kekuasaan negara, dan sebagainya. Iklan politik tentu saja umumnya dilakukan oleh para politisi atau institusi politik, yaitu pemerintah, dan partai politik. Iklan jenis ini banyak dijumpai khususnya menjelang pemilihan umum, baik pemilihan presiden, anggota dewan, hingga pemilihan pejabat dalam pemerintahan. Muatan pesan iklan ini terutama mengajak publik memilih dan mendukung organisasi politik maupun politisi yang membuat iklan.


b) Iklan Pendidikan
   Iklan pendidikan merupakan iklan yang berisi tentang hal-hal berkait tentang dunia pendidikan. Misalnya iklan penerimaan.umumnya iklan pendidikan dilakukan oleh institusi pendidikan, misalnya perguruan tinggi, pesantren, lembaga khusus, lembaga bimbingan belajar dan sebagainya. iklan ini banyak dijumpai menjelang tahun ajaran baru.



c) Iklan kesehatan
   Iklan kesehatan adalah iklan yang berisi tentang berbagai hal terkait dengan masalah kesehatan. Misalnya tentang pengobatan alternatif, obat-obatan, dan peralatan yang digunakan untuk mengobati penyakit, rumah sakit, dan segala fasilitasnya. Tujuan dari pembuatan iklan kesehatan adalah untuk mendorong prilaku hidup sehat, menciptakan kesadaran, mengubah sikap, memotivasi setiap individu, dan untuk menanamkan prilaku yang direkomendasikan. Media yang digunakan dalam kampanye kesehatan biasanya berupa media massa konvensional seperti radio, koran, maupun televisi.

d) Iklan kecantikan dan Perawatan tubuh

   Iklan kecantikan dan perawatan tubuh berisi tentang hal-hal terkait dengan masalah-masalah kecantikan dan perawatan tubuh. Misalnya iklan kosmetika, pemutih kulit, shampoo, sabun mandi, pasta gigi, peramping tubuh, perhiasan, makanan, minuman, dan obat-obatan yang dimaksudkan untuk memperindah sebagaian atau seluruh tubuh. 

e) Iklan Pariwisata
    Iklan pariwisata adalah iklan yang berisikan pesan tentang hal–hal yang terkait dengan pariwisata. Misalnya tentang keindahan wilayah tertentu, tempat yang indah untuk berdarmawisata dan liburan, tawaran perjalanan wisata, dan sebagainya. Umumnya iklan pariwisata dilakukan oleh biro perjalanan, taman rekreasi, hotel, kementrian pariwisata, dan pihak-pihak lain yang memiliki 
kepentingan dengan pariwisata.

f) Iklan Hiburan


Iklan hiburan yaitu iklan yang berisi tentang hal–hal yang berkait dengan dunia hiburan. Misalnya iklan tentang pertunjukan sirkus, pertunjukan film, pertunjukan drama/teater, opera, konser, program siaran hiburan melalui televisi, iklan parodi, dan sebagainya. Iklan ini biasanya dilakukan oleh pengelola Gedung bioskop, event organizer, pengelola taman hiburan, dan sebagainya.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

LIPUTAN BERITA REKRUTMEN

Arsip Blog

LIPUTAN BERITA PERSIAPAN TURNAMEN

Support